Senin, 16 Juli 2012

Agatha Christie (1890-1976) lahir Agatha Mei Clarissa Miller di Devon, Inggris pada tahun 1890, bungsu dari tiga anak dalam, konservatif baik yang harus dilakukan keluarga.
Diajarkan di rumah dengan pengasuh dan pengajar, sebagai anak Agatha Christie pernah sekolah. Dia menjadi mahir menciptakan permainan untuk membuat dirinya sibuk pada usia yang sangat muda. Seorang anak pemalu, tidak mampu mengungkapkan perasaan secara memadai, dia pertama beralih ke musik sebagai sarana ekspresi dan, di kemudian hari, untuk menulis.
 
Pada tahun 1914, pada usia 24, ia menikah dengan Archie Christie, Perang Dunia I pilot pesawat tempur. Sementara ia pergi berperang, ia bekerja sebagai perawat. Itu adalah saat bekerja di rumah sakit selama perang yang Christie pertama datang dengan ide menulis novel detektif. Meskipun diselesaikan dalam satu tahun, itu tidak dipublikasikan sampai 1920, lima tahun kemudian.
 
" The Affair Misterius di Styles "memberikan dunia yang tak ada bandingannya Hercule Poirot, seorang perwira pensiunan polisi Belgia yang menjadi salah satu karakter paling abadi dalam semua fiksi. Dengan kumis lilin-Nya dan "sel abu-abu kecil," dia "teliti, seorang pria kecil rapi, selalu rapi dan teratur, dengan rasa yang sedikit absurd tentang dia." (The Bedside Baru Christie Companion ...)
Christie menulis lebih dari 30 novel yang menampilkan Poirot. Di antara yang paling populer adalah " The Murder of Roger Ackroyd "(1926)," Pembunuhan di Orient Express "(1934), dan" Kematian di Sungai Nil "(1937).
 
Pada tahun 1926, Archie minta cerai, setelah jatuh cinta dengan wanita lain. Agatha, sudah kecewa dengan kematian terakhir ibunya, menghilang. Semua Inggris menjadi terbungkus dalam kasus penulis hilang sekarang terkenal. Dia ditemukan tiga minggu kemudian di sebuah hotel kecil, menjelaskan kepada polisi bahwa dia telah kehilangan ingatannya. Setelah itu, tidak pernah lagi disebutkan atau diuraikan oleh Christie.
 
Dia kemudian menemukan kebahagiaan dengan pernikahannya pada tahun 1930 untuk Max Mallowan, seorang arkeolog muda yang ia temui dalam perjalanan ke Mesopotamia.
Satu lagi karakter Christie yang paling terkenal dan dicintai diperkenalkan pada " Pembunuhan di Wisma Pendeta "pada tahun 1930. Miss Jane Marple, seorang perawan tua lanjut usia di desa Inggris kuno dari St Mary Mead, memecahkan segala macam misteri dengan konsentrasi intens dan intuisi. Ditampilkan dalam 12 novel, Miss Marple dicontohkan gaya yang nyaman, suatu bentuk fiksi misteri yang menjadi populer pada, dan akhirnya ditetapkan, Golden Age of fiksi di Inggris selama 1920-an dan 30-an.
 
Christie akhirnya menjadi Ratu mengakui Zaman Emas. Secara keseluruhan, ia menulis lebih dari 66 novel, cerita pendek dan berbagai skenario, dan serangkaian novel romantis menggunakan nama pena Maria Westmacott. Beberapa karyanya telah dibuat menjadi film sukses, Pembunuhan yang paling menonjol di Orient Express (1974). Karyanya telah diterjemahkan ke dalam lebih dari seratus bahasa. Singkatnya, dia adalah yang paling populer tunggal misteri penulis sepanjang masa.
Pada tahun 1971 dia diberikan kehormatan yang tinggi menjadi Dame dari Kerajaan Inggris.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar