Senin, 06 Agustus 2012

CERPEN KU : Cinta di Ujung Jalan


Kini, semua terasa sempurna, dengan dirinya yang selalu ada di samping ku. Aku dapat merasakan indah nya di buai oleh cinta dan segenggam impian suci untuk mahligai cinta ku kelak. Aku gadis berusia 20 tahun, yang kini tengah belajar di sebuah fakultas di universitas negeri ternama di Yogyakarta. Namaku Citra, setiap hari kegiatan ku tak lepas dari kuliah dan kegiatan organisasi di kampus ku. Maklum, aku termasuk mahasisiwi yang bisa dikatakan populer disini. Banyak mahasiswa di kampus ku yang mengincar aku untuk di jadikan pacar, atau sekedar gebetan. Namun, semuanya tak ada yang ku gubris, karena hatiku sudah ada yang punya, dan dia adalah Dony.

            Dony adalah salah satu mahasiswa yang tergolong pintar dan di incar oleh mahasiswi – mahasiswi di kampus ku. Tak tanggung – tanggung, mahasiswi yang mengincar nya, rata – rata berduit, dari yang membawa roda dua, sampai yang beroda empat. Berbeda dengan ku, yang bukan berasal dari keluarga yang berada, karena aku juga kuliah sambil bekerja sampingan sebagai warnet provider, yang hasilnya lumayan untuk menambah uang saku ku selama kuliah disini. Daya tarik Dony yang lain, yaitu wajahnya yang natural, banyak diidam – idamkan oleh mahasiswi sekampus.

            Hubungan ku dengan Dony sudah berlangsung sejak kami masih duduk di semester satu. Dan kini, hubungan kami sudah menginjak dua tahun. Aku senang karena aku memliki Dony, yang selalu menjadi malaikat pelindungku, yang selalu ada saat aku senang maupun susah. Bagiku, dialah anugerah terindah yang diberikan oleh tuhan untukku. Dia sangat menyayangiku, dan memperhatikan seluruh yang berhubungan dengan ku.
J

“Cit, mau langsung pulang, atau makan dulu ?”
“Mau nya kamu, gimana ?”
“Loh ? Kok malah balik nanya aku sih, sayang ? aku kan nanyain kamu...”
“Ya udah ya, say, daripada kita ribet, aku ikut maunya kamu ajalah”
“ya udah, kita makan, ya. Aku laper banget...”
“iya, sayang, lagian kalo di rumah, aku gak ada temen makan, jadi mending aku makan nya sama kamu, hehehe...”
“Kita makan bakso yang di simpang aja, ya ?”
“Oke, terserah kamu lah, yang penting makan nya sama kamu”

            Sehabis makan, Dony langsung mengantar ku pulang. Aku senang sekali hari ini, karena sudah lama kami tidak makan bersama. Sesampainya di rumah, aku langsung mandi dan sholat, sekalian berdo’a agar hubungan ku dengan nya terus berjalan dengan baik. Sehabis sholat, ku lihat layar ponsel ku kedap – kedip, dan itu tandanya, ada panggilan masuk. Segera ku lihat, ternyata dari Dony.

“Assalamuallaikum...”
“Waallaikumsalam”
“Hm, aku ganggu gak, say ?”
“Gak kok, kamu gak pernah ganggu aku, malah aku seneng, hehe”
“Iya, nih, udah lama banget ya kita gak telpon – telponan kayak gini”
“Lama banget malah, aku aja udah lupa kapan terakhir kamu nelpon aku”
“Iya deh sayang, maafin aku yah, mungkin aku terlalu sibuk akhir – akhir ini sampe gak merhatiin kamu lagi, tapi, kamu tau sendiri kan aku sibuk nya karena ngerjain skripsi yang gak kelar – kelar, di maklumin ya, say”
“Iya... Iya sayang, udah gak perlu panjang lebar, aku tau kok, emang nya aku anak SD yang musti di jelasin sepanjang itu ? Lupa ya kalo aku juga udah kuliah ?”
“Iya aku lupa, abis nya kamu itu masih kayak anak SMA, sih ...”
“Ahh, masa’ sih ? Wah, berarti aku imut dong, ya ? hahaha...”
“Bukan imut, mbak, tapi manja nya gak ketulungan, hahaha... Duh, dosa nih dari tadi mainin pacar sendiri, maaf lagi deh, say”
“Ihh... kamu tuh, ya... Iya iya gakpapa”
“Kamu lagi apa ?”
“Lagi kangen sama kamu sayang”
“Waduuuh.. Pacar ku satu ini gombal mulu’ dari tadi”
“Gakpapa dong aku gombalin pacar sendiri, ntar daripada aku ngegombalin pacar orang gimana, hayo ?”
“Ehh, jangan dong, ntar kamu kena cakar sama pacarnya... wahaha”

            Malam itu, kami menghabiskan malam dengan mengobrol di telpon. Lama sekali rasanya aku tidak mendenger suara dia di telpon seperti malam ini. Akhirnya, jam dinding di kamar ku sudah berdentang sembilan kali, dan itu artinya sudah jam sembilan malam. Aku mulai mengantuk, dan aku minta izin untuk tidur dengan Dony.

“Sayang, kamu udah ngantuk belum ?”
“Kenapa, Cit ? Udah ngantuk, ya ? Ya udah, tidur gih... Ntar malah kesiangan besok”
“Maaf, ya, gak papa kan telponan nya udahan dulu ? Capek banget soalnya, oh iya, besok 4 jam pelajaran kita sekelas, kan ?
“Iya, sayang. Besok aku jemput setengah tujuh, ya ? Jangan kesiangan, loh”
“Iya, ya udah good night honey...”
“Night, too... Nice dream ya...”
“Iya.. bye”
“Bye”

            Malam ini, aku memejamkan mata ku dengan tenang. Aku tersenyum sendiri teringat wajah Dony. Ya tuhan, jangan biarkan dia pergi dari hidupku. Aku takkan pernah sanggup menjalani kehidupan ku tanpa dirinya. Dialah satu – satunya penyemangat ku kini. Jangan ambil dia dari ku tuhan. Izinkan aku untuk membuat nya tersenyum terlebih dahulu.

            Hari – hari ku bersama nya selalu berjalan dengan menyenangkan. Namun, sebulan kemudian, dia berubah. Entah kenapa dan apa penyebabnya, aku sendiri pun tak mengerti. Aku sedih dia mengacuhkan ku, dia cuek, tidak perhatian lagi. Sudah seminggu dia berubah seperti ini. Aku bingung memikirkannya. Apalagi besok hari ulang tahun ku. Aku jadi berpikir, apa dia masih ingat atau tidak dengan hari spesial ku besok.

            Malam ini, aku tidak bisa tidur. Aku masih memikirkan perubahan dalam dirinya. Semalaman, aku tidak bisa juga memejamkan mata. Hingga hari menjelang pagi, aku mulai bergerak perlahan dari tempat tidur ku. Menuju kamar mandi, dan langsung berangkat ke sekolah. Ya, Dony tidak menjemput ku, jika aku tidak cepat – cepat, pastinya aku akan terlambat sampai ke kampus. Pagi ini ada test, semoga saja pikiran ku yang sedang kacau ini tidak mempengaruhi konsentrasi ku saat mengerjakan test nanti.

            Sesampainya di kampus, aku melihat Dony sedang asyik ngobrol dengan salah satu teman ku, Vina. Ohh tuhan, yang benar saja ? Ada hubungan apa mereka ? Sejak kapan Vina jadi suka ngobrol sama Dony ? Apa Dony udah jadian sama Vina ? Apa dia udah ngelupain aku ? Masa’ sih secepat itu lupa nya ?
L

            Mereka melihat kedatangan ku, namun mereka seperti nya berpura – pura tidak tahu. Aku segera mempercepat langkah ku. Aku tak ingin hatiku lebih sakit dari ini. Di kelas, airmata ku menetes. Tak dapat ku pungkiri kalau aku cemburu melihat mereka, amat sangat cemburu malah. Vina, kenapa dia tega melakukan semua ini padaku ?

            Tiba – tiba saja, tanpa kusadari, Vina sudah duduk di sebelah bangku ku, dengan wajah tanpa dosa sedikit pun, dan segera menghampiri ku sambil menatap mata ku dalam dengan tatapan yang amat sangat tidak ku sukai...

“Heh !!”
“Kenapa ?”
“Gue mau ngomong sama loe”
“Ngomong aja, kali...”

            Tiba – tiba saja, Vina menarik dagu ku agar lebih mendongak melihat ke wajahnya. Apa sih mau nya perempuan satu ini ? Cari masalah aja...
L

“Heh, kalo loe ngomong sama gue, ya mata loe ngeliat nya ke gue lah !!”
“Mau loe apa’an sih, Vin ?”
“Mau gue ? Mau gue mudah aja, denger baik – baik, ya, pasang tuh telonga loe, mulai detik ini, Dony milik gue, bukan milik loe lagi, gak ada satu pun orang yang berhak buat ngerebut dia dari gue termasuk LOE !!! Ngerti, loe ??!”
“Ohh... Cuma mau ngomong itu doang ? Ya udah, biasa aja kali, Dony aja di ributin... Ambil deh kalo loe mau, suka – suka loe lagi...”

            Aku segera pergi dari hadapan Vina. Aku muak dengan caranya berbicara padaku. Ya, ku akui, dia sukses merebut pacarku, tapi bukan berarti dia bisa berbicara sekasar itu dengan ku. Hey, sejak kapan peduli dengan cinta ? Ambil aja deh, laki – laki masih banyak diluaran. Tanpa sengaja, aku menabrak seorang cowok yang tengah membawa banyak buku dari perpusatakaan. Dan ternyata saat ku lihat, dia Dony.

“Ehh, Don, selamat ya... Tadi Vina udah jelasin semua nya ke aku, ya udah longlast aja, ya... By the way, mana nih teraktiran nya biar langgeng ? Hahaha...”

            Aku berusaha tertawa di depan Dony, seolah tak ada apapun yang terjadi. Hanya tuhan yang tahu isi hatiku yang sebenarnya. Lalu aku kembali ke kelas karena sebentar lagi bel berbunyi. Dan sekarang saat nya kembali ke kuliah, pelajaran, dan sebagainya. Lupakan kejadian pagi ini, lupakan Dony, dan lupakan CINTA !!!
L

            Setelah test, aku sendirian di kelas. Tiba – tiba saja, ada yang menarik pintu kelas ku dari luar, lampu di kelas pun padam. Ya tuhan, ada apa ini ? Aku benar – benar takut.
            BRAAAAAAKKKK ............. !!

“Happy birthday Citra... Happy birthday Citra... Happy birthday happy birthday... Happy birthday Citra... Yeeeee”
J
“Happy birthday Citra ku sayang”

            Dony berjalan ke arah ku dengan senyum kemenangan. Dia lalu memeluk ku pelan. Aku menangis, namun aku masih tak mengerti semua ini. Rencana gila siapa ini ?

“Happy birthday, Cit. Maaf ya.. aku tadi pagi kasar banget sama kamu, ampe narik – narik dagu kamu segala. Jangan marah ke aku yah.... Marah nya ke yayang mu aja, tuh...”

            Aku menatap Dony dengan mata melotot. Dony pun tersenyum nakal melihat tatapan ku. Seolah mengerti dengan maksud ku, Dony pun segera menjelaskan semua yang telah terjadi belakangan ini, termasuk perubahan sikapnya padaku.

“Aduh, say... Jangan gitu dong ngeliat nya, kayak udah siap mau nerkam aku aja... Hahaha iya aku minta maaf ya sayang, maaaaafff banget buat semua nya, selama ini, aku ngerjain kamu, mulai dari sikap aku yang mendadak cuek, gak pernah sms atau nelpon kamu lagi, gak pernah jemput kamu lagi, mesra – mesraan sama Vina di parkiran, sampe Vina aku suruh ngelabrak kamu, hehe... Jangan marah ya, aku Cuma pengen liat aja respon kamu gimana kalo aku selingkuh, ehh tapinya aku kecewa, lho... Soalnya, kamu nya biasa – biasa aja nanggapin nya..”

“Abisnya kamu tuh ya... Kelewatan banget ngerjain nya, aku sampe nangis tau gak
L , tapi ya udah gakpapa kok, makasih ya sayang, aku seneng banget, ulangtahun ku kali ini bener – bener berbeda, gak Cuma ada canda tawa, tapi ada airmatanya juga, hehehe... Temen – temen, makasih ya buat partisipasinya, terus Vina, makasih banget ya, akting kamu bagus banget, Vin, sukses berat nih bikin aku ilfiil, hahaha.... makasih semua, love you all” J

            Aku bahagia sekali karena ternyata ini hanya ulah nakan Dony. Hari itu, aku bersenang – senang bersama Dony, Vina, dan teman – teman ku yang lain. Aku bersyukur sekali, aku punya orang – orang yang perhatian dan sayang sama kau kayak mereka. Benar – benar anugerah terindah buat ku.

            Seminggu telah berlalu, akhirnya kami semua berhasil lulus ke semester lima. Bahagia sekali rasanya. Dan yang lebih membuat ku bahagia, Dony akan mengajak ku tunangan satu bulan lagi. Oh tuhan, sudah pasti aku menerima nya, karena aku tak ingin lepas darinya. Mulai dari sekarang, Dony sudah menyiapkan semuanya untuk pertunangan kami. Dia ingin pertunangan ini berlangsung dengan meriah. Semoga saja semua berjalan dengan lancar tanpa kendala, seperti yang dia dan aku harapkan.
J

“Sayang, kamu seneng gak mau tunangan sama aku ?”
“Seneng, seneng banget malah...”
“Kamu gak akna nyesel kan ?”
“Loh ? Gak dong, gak ada alasan buat aku menyesal”
“Bagus deh, ntar kalo kita udah kerja, aku bakal kumpulin uang buat kita nikah, kamu mau kan nikah sama aku ?”
“iya sayang aku mau”
“makasih sayang”
            Hari yang kami nantikan pun tiba. Tapi, kami harus menunggu Dony dahulu yang sedang mengambil cincin untuk pertunangan kami yang pembuatan nya baru selesai hari ini. Tamu undangan sudah banyak yang hadir. Teman – teman kami pun sudah hampir lengkap. Mama nya Dony merias sendiri make up dan dandanan ku. Hingga hampir satu jam dari yang di tentukan, Dony belum juga kembali. Perasaan ku sudah sangat tidak enak, begitu juga dengan kedua orangtua Dony.

            Aku benar – benar khawatir. Ya tuhan, ada apa dengan nya ? Kenpa ia tak kunjung kembali ? Lindungi dia dimana pun dia berada tuhan, aku mohon. Sudah hampir dua jam, Dony masih belum juga muncul. Para tamu sudah mulai gelisah. Aku dan orangtua Dony terus – menerus menghubungi ponselnya, namun selalu saja operator yang berbicara.

            Tiba – tiba saja, beberapa orang polisi mendatang...

“Maaf, apa ini benar rumah dari pak Widyawan ?”
“Ya, pak polisi, benar sekali, ada apa ya pak ?”
“Apa saudara Dony itu anak bapak dan ibu ?”
“Ya, pak... Ada apa dengan anak kami pak ? Apa yang telah terjadi ?”
“Tenang dulu ya, bu, anak bapak dan ibu mengalami kecelakaan saat ia mengendarai mobilnya, dan sekarang ia sudah di larikan ke Rumah Sakit Cipta Raharja”

“Apa ? Dony kecelakaan pak ? Gak mungkin... Gak mungkin............... Donnnyyyyy........!!!!!! Om, tante, ayuk, cepetan kita ke Rumah Sakit, Citra mau liat dony, Citra mau ketemu Dony..”
“Iya iya sayang ayuk”
“Cit, aku ikut ya liat Dony”
“Iya, Vin, ikut aja kalo kamu mau ikut, aku khawatir banget sama dia, Vin”
“Sabar Ya, Cit, kita do’a aja buat Dony, kamu gak boleh nangis di depan dia, kamu harus kuat ya”
“Iya, Vin, makasih ya, aku bakal berusaha tersenyum kok di depan dia”

            Segera saja kami semua menuju ke Rumah Sakit tempat Dony di rawat. Sesampainya di Rumah Sakit, kami melihat Dony yang akan di pindahkan ke ruang biasa, sepertinya dia baru saja ditangani di runag UGD. Aku segera mengejar perawat yang membawa Dony.

“Dony........... Tunggu, sus”
“Maaf, mbak. Mbak punya hubungan apa dengan pasien ?”
“Saya tunangannya, sus. Apa saya boleh masuk ke dalam ? Sauya ingin bertemu calon suami saya”
“Ya, mbak silahkan. Pasien sudah mulai sadar”

            Aku mendekati tempat tidur Dony. Tuhan, sembuhkan dia. Jangan ambil dia dari aku. Aku tak ingin berpisah dengan nya. Sembuhkan dia tuhan, aku mohon. Aku menggenggam tangannya, dan tenyata, dia bisa merasakan hangat sentuhan tanganku.

“Sayang ?”
“Iya, Don. Aku disini buat kamu”
“Makasih ya, sayang. Maafin aku ya udah ngancurin pesta pertunangan kita”
“Gak kok, sayang, kamu gak ngancurin pesta kita, kamu gak salah apa – apa, jangan di pikirin lagi ya, ntar kalo kamu udah sembuh, kita susun lagi pestanya”
“Makasih ya kamu gak marah”
“Aku gak akan marah, kok. Oh ya, kamu mau janji sesuatu gak sama aku ?”
“Janji apa ? Aku pasti mau kok kalo buat kamu. Kamu mau aku janji apa buat kamu ?”
“Kamu harus janji kamu bakal sembuh, kamu gak boleh ninggalin aku, ya... Plis, jangan pernah tinggalin aku, Don, aku gak bisa tanpa kamu”
“Aku janji, Citra. Aku kan sayang sama kamu, aku gak mungkin dong ninggalin kamu, aku kan udah janji bakal hidup sama kamu, kamu gak boleh nangis, yah... Setiap tetes airmata kamu itu terasa menyakitkan buat aku, jangan tetesin setetes pun airmata kamu lagi buat aku, aku bakal sembuh kok, aku janji”

            Mama dan papa Dony hanya dapat menangis mendengar percakapan kami. Oh tuhan, kenapa perasaan ku jadi tidak enak ? Mengapa aku merasa seolah dia akan pergi meninggalkan ku ? ku mohon tuhan, jangan ambil dia dariku.

“Say ?”
“Iya, Don, kenapa ?
“Aku laper, kamu mau gak nyuapin aku makan ?”
“Iya, iya, bentar ya, aku ambil makanan nya dulu”

            Aku segera menemui suster yang merawat Dony. Ya, Dony tidak boleh makan sembarang dulu, jadi harus makanan yang di buat oleh pihak Rumah Sakit. Setelah aku mendapatkan makanan nya, aku segera kembali ke kamar Dony.

“Sayang, aku udah bawa makanan nya ?”
“Iya, suapin yah...”

            Aku menyuapi dia makan. Jujur, aku tak kuat menahan airmata ku di depan nya. Yang lebih memebuat ku merasa terharu, di tengah sakit yang dia rasakan, dia masih berusaha kuat, dia masih berusaha tersenyum di hadapan ku. Dony, harusnya sekarang kau menangis, bukan tersenyum seperti ini. Di saat seperti ini pun, kau masih menyembunyikan semua perasaan mu dariku.

“Cit, udahan ya makan nya, aku udah kenyang”
“Iya udah, minum dulu, gih”
“Cit, aku mau ngomong...”
“Ngomong apa ?”
“tadikan aku udah janji buat kamu, sekarang, gantian ya, kamu yang jani buat aku, mau ?”
“Mau, sayang, aku harus janji apa ?”
“Kalo aku harus pergi ninggalin kamu, kamu gak boleh nangis ya, sayang... Janji sama aku, kamu gak boleh netesin airmata kamu lagi”

            Aku sedih mendengar kata – kata Dony. Kenapa dia berkata seperti itu ? Tak kuat lagi ku tahan airmata ku ini.

“Don, jangan ngomong kayak gitu, kau mau kemana ? Kamu gak boleh ninggalin aku, aku sayang sama kamu, aku gak akan bisa tanpa kamu, kalo kamu ninggalin aku, berarti kamu gak nepatin janji kamu sama aku tadi, jangan tinggalin aku, Dony”
“Ya, sayang, aku gak akan ninggalin kamu kok, itukan Cuma misalkan. Sayang, peluk aku dong”

            Aku memeluk Dony. Aku tersenyum dalam pelukannya. Kurasakan tangan nya dingin bak air es. Tuhan, aku mohon sembuhkan dia. Tukar lah nyawa ku untuk nyawanya bila perlu. Lebih baik aku yang mati, daripada aku harus di tinggal pergi olehnya.

“Sayang, kamu minum obatnya dulu, ya”
“................”
“Sayang ?”
“.............”
“Sayang ?”
“............”
“Dony ?”

Tiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiittttttt...............

            Aku mendengar suara detak jantung itu. Seketika itu pula aku menangis. Betul – betul menangis. Ku lihat tubuh Dony yang sudah terkulai lemas dalam pelukan ku. Ku tatap wajah itu untuk terakhir kali. Dony ? Kenapa kau tega meninggalkan ku ? Padahal kamu sudah janji padaku tadi.

            Mama dan papa Dony benar – benar sedih karena mereka telah kehilangan Dony, anak mereka satu – satunya. Namun kami semua harus berusaha mengikhlaskan semua yang telah terjadi. Dony tidak akan pernah kembali untuk selamanya. Tuhan, berikan ia tempat yang layak disisimu. Don, aku janji aku bakal nyusul kamu suatu hari kelak, tunggu aku, ya. Kini, cinta ku tlah di ujung jalan. Menantikan dimana akhirnya cinta ini akan berhenti dan berlabuh untuk terakhir kalinya. Dony, walau kau telah disana, namun bagiku, kau selalu ada mengisi relung hati ini.

                                                              *******END*******

1 komentar: