Kamis, 19 September 2013

Macam - Macam Bakso"

Resp bakso

Bakso/baso sekarang tidak hanya terbuat dari daging Sapi, sekarang sudah banyak sekali Bakso-Baso yang terbuat selain dari daging sapi, yaitu Bakso Ayam, Bakso Udang, Bakso Ikan dan lain Sebagainya. nah bagi Anda yang ingin tahu Bagaimana cara membuat bakso, mungkin ini bisa jadi referensi Anda.

Bahan – Bahan Dasar Untuk Membuat Bakso

Bakso Daging Sapi

Pilih daging sapi yang masih segar, bahkan yang masih berdarah. Daging sapi yang bebas urat dan sedikit lemak seperti daging lemusir dan gandik akan menghasilkan bakso yang terbaik mutunya. Bisa juga dipakai daging penutup, paha depan, atau daging iga. Untuk bakso urat, pilih daging sengkel. Makin segar makin baik, karena daging sapi yang segar akan meghasilkan bakso yang kualitasnya sangat terjamin.

Bakso Ikan

Pilih jenis ikan yang berdaging putih seperti tenggiri, kakap, kerapu, belida, atau ikan gabus. Selain hasilnya tampak bersih (tidak gelap), tekstur baksonya pun lebih kenyal. Sebab ikan berdaging putih umumnya memiliki kandungan protein aktin dan myosin cukup tinggi yang membuat daging ikan lebih padat, kompak dan mudah dibentuk (tidak buyar). Bakso ikan yang bermutu baik berwarna putih, mengkilap dengan tekstur kenyal, halus dan tidak berserat

Bakso Udang

Pilih udang yang segar, buang sungutnya yang panjang, kepala dan kulitnya, Remas-remas udang secara hati-hati dengan garam, lalu cuci bersih, baru cincang halus

Bakso Ayam

Daging ayam tidak sekenyal daging sapi, tetapi kini banyak yang memanfaatkannya untuk bakso. Yang digunakan adalah daging ayam tanpa tulang. Pilih ayam yang sehat, segar dan tidak terlalu tua.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar