Kamis, 15 Agustus 2013

CONJUNCTION

Pengertian Conjunction

Conjunction adalah kata atau kelompok kata yang berfungsi menghubungkan dua kata, phrase(frasa), clause (klausa), atau paragraph(paragraf). Kata ini merupakan satu dari delapanpart of speech.

Macam dan Contoh Conjunction

Adapun macam dan contoh kalimat conjunctionantara lain sebagai berikut.
Macam ConjunctionPenjelasan SingkatContoh ConjunctionContoh Kalimat Conjunction
Coordinate ConjunctionKata hubung ini digunakan untuk menghubungkan dua konstruksi gramatikal yang sama yaitu: kata, phrase atau clause.and, or, forI love running and swimming.
(Saya suka lari dan berenang.)
Correlative ConjunctionKata hubung ini digunakan berpasangan untuk menunjukkan hubungan antara dua kata, phrase , atau clause.as… as, both… and…, either… or…Diana is as beautiful as her sister.
(Diana secantik saudaranya.)
Subordinate ConjunctionKata hubung ini digunakan untuk membangun hubungan ide antara dependent clause dengan main clause.where, although, so that, otherwiseNobody knows where she lives now.
(Tak seorangpun tau dimana dia tinggal sekarang.)
Adverbial Conjunction / Conjunctive Adverb / Connecting AdverbKata hubung berfungsi pula sebagai adverb. Sebagai kata hubung, kata ini berfungsi untuk menghubungkan dengan logis dua independent clause, sedangkan sebagai adverb, untuk menerangkan clause kedua.also, however, rather, thusShe’s not bad; rather, she’s very kind.
(Dia tidak jahat; sebaliknya, dia sangat baik.)

Hubungan Antar Conjunction

Hubungan antar conjunction yaitu hubungan antara Coordinate dan Adverbial Conjunction. Beberapa adverbial memiliki padanan makna dengan coordinate, namun adverbial lebih memberi penekanan dengan cara penggunaan punctuation (tanda baca).
Contoh: and vs besides, but vs however, so vs thus

Hubungan Antara Conjunction dengan Part of Speech Lain

Hubungan kata hubung ini dengan part of speech lain yaitu hubungan antara Subordinate Conjunction dan Preposition. Beberapa subordinate selain berfungsi sebagai kata hubung, juga dapat berfungsi sebagai preposition.
Contoh: after, before, until
Adapula subrodinate conjunction dan preposition yang bermakna serupa walau berbeda kelas kata.
Contoh: 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar