4. Terowongan Smuggling
Latar
Belakang : Penjahat telah menggunakan terowongan bawah tanah untuk
melakukan segala macam kejahatan, termasuk perampokan bank dan
penyelundupan narkoba. Selama dekade yang lalu, terowongan penyelundupan
telah ditemukan di wilayah AS, berasal dari Kanada dan Meksiko. Mengapa
Unik : Pada bulan Desember, para pejabat Amerika Serikat dan Meksiko
menemukan terowongan sepanjang 1000 kaki, yang mengarah ke AS, meskipun
tidak selesai, terowongan ini sudah dilengkapi dengan pencahayaan,
sebuah sistem ventilasi, listrik, dan bahkan lift. Sebuah pernyataan
dari Drug Enforcement Agency (DEA) menunjukkan bahwa terowongan dibangun
selama dua tahun.
5. Marmaray Tunnel
Background:
Konstruksi terowongan antarbenua ini dimulai pada tahun 2004, tetapi
penemuan-penemuan arkeologi dari zaman Bizantium dan rintangan lainnya
telah menunda penyelesaiannya. Mengapa Unik : Terowongan tabung terbenam
ini akan menjadi yang pertama yang menggabung dua benua yang berbeda,
yang berjalan dibawah Selat Bosporus untuk menghubungkan sisi Eropa
Istanbul dengan sisi Asia. Terowongan Marmaray merupakan terowongan
tabung terbenam terdalam di dunia, dengan kedalaman maksimum 180 meter.
6. Thames Tunnel
Latar
Belakang: Pada pandangan pertama Terowongan Thames tidak tampak
mengesankan; panjang 1.300 kaki dan kedalaman 75-kaki dan tampak pucat
dibandingkan dengan terowongan lain. Tapi Terowongan Thames adalah
tonggak sejarah dalam terowongan rekayasa. Mengapa Unik : "Ini adalah
terowongan bawah air pertama, dan itu adalah pertama kalinya konsep
perisai tunneling digunakan," Hashash menceritakan. "Ini adalah tonggak
utama." Perisai tunneling adalah suatu alat yang dikembangkan oleh Sir
Marc Isambard Brunel yang berfungsi sebagai dukungan sementara struktur,
konstruksi yang memungkinkan kru untuk aman, dan datar, menginstal
sistem dukungan permanen di bawah air. Membangun Terowongan Thames itu
seperti hal yang baru pada awal abad ke-19 bahwa pengunjung akan
membayar untuk bisa masuk di dalam lokasi konstruksi, dan bahkan Brunel
konser dan jamuan makan di dalam struktur yang belum selesai. Ketika
terowongan selesai pada 1843, Ratu Victoria memberikan gelar
kebangsawanan kepada Brunel untuk jasanya dalam dunia konstruksi.
7. Seikan Tunnel
Latar
Belakang : Terowongan sepanjang 33,5-mil ini menghubungkan pulau Honshu
dengan pulau Hokkaido. Konstruksi selesai pada tahun 1988. Mengapa Unik
: Terletak di 787 meter di bawah permukaan laut, Seikan Tunnel adalah
terowongan terdalam di dunia. Selain itu, dengan panjang 33,5 mil
membuat terowongan terpanjang yang sedang digunakan. Penggalian kawasan
geologi dan batuan volkanik yang membosankan dicegah para insinyur
dengan menggunakan mesin canggih, memaksa mereka untuk menghancurkan dan
menggali dengan cepat di bawah Selat Tsugaru.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar